SELAMAT DATANG SOBAT...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Setelah melewati jalan yang panjang akhirnya sampailah saya pada satu kesimpulan untuk membuat web blog sendiri yang khusus berkenaan dengan keilmuan. blog ini bukanlah pertama yang pernah ada.Ada banyak blog yang telah saya buat sebelumnya. apakah berkenaan dengan pengalaman waktu di jogja semasa kuliah, ataupun renungan-renungan lepas yang ditulis untuk melepaskan rindu akan kampung halaman.

Masih tidak sempurna memang. akan tetapi, tidak ada yang sempurna di dunia ini. termasuk blog ini juga. karena itu jika ada diantara pembaca yang menemukan ada yang masih kurang dari keberadaan blog ini, sumbang sarannya sangat saya harapkan untuk perbaikan kualitas ke depan.

Jika ada yang ingin untuk urung rembug mendiskusikan hal-hal yang berkenaan dengan evaluasi pendidikan, saya terbuka untuk hal tersebut. silahkan anda kirimkan hasil karya anda berupa tulisan yang berhubungan dengan evaluasi pendidikan ke alamat email: evaluasipendidikan@yahoo.co.id. Hasil tersebut akan diposting pada blog ini. bagi anda yang ingin berdiskusi atau bertanya, hasilnya selain diposting pada blog ini juga diposting di blog saya yang dikhususkan untuk berdialog tentang evaluasi pendidikan. Klik untuk menuju ke Blog itu disini mari kita sama-sama belajar!!!

Selasa, 26 Februari 2008

Learning Contrack

Mata kuliah : Evaluasi Pendidikan
Kode Mata Kuliah :
Jurusan : Tarbiyah
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Program : S1
Bobot : 3 SKS

Tujuan Perkuliahan:
Mahasiswa memperoleh wawasan tentang kegiatan evaluasi dan pengukuran pendidikan sebagai suatu kegiatan integral dalam KBM, memiliki pengetahuan dan ketrampilan dasar dalam merencanakan dan melakukan kegiatan evaluasi pendidikan serta menafsirkan dan memanfaatkan hasilnya dalam konteks KBM dan mampu mengembangkan alat evaluasi terutama tes prestasi hasil belajar.

Topik Inti:

1. Pengertian evaluasi, evaluasi pendidikan dan kedudukannya dalam system pendidikan Islam.
2. Fungsi, Tujuan dan Kegunaan Evaluasi Pendidikan Islam
3. Teknik-teknik Evaluasi Pendidikan Islam (tes dan non tes)
4. Bentuk tes dan teknik penulisannya
5. Penyusunan instrument nontes
6. Validitas tes
7. Reliabilitas tes
8. Teknik penskoran dan konversi nilai
9. Analisis butir soal menurut teori tes klasik
10. Praktik analisis soal menggunakan komputer
11. Pelaporan hasil tes dan pengembangannya
12. Praktik lapangan (menyusun tes dan melaksanakan ujicoba lapangan)


Referensi:
Buku wajib
1. Anas Sudijono. (2005). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
2. Djemari Mardapi. (2004). Penyusunan Tes Hasil Belajar. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta
3. Dali S. Naga. (1992). Pengantar Teori Sekor Pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
4. Crocker, L. (1992). Item analysis. Dalam Alkin M.C. (Eds.), Encyclopedia of educational research. (pp. 652-657). New York: Macmillan Library reference USA.
5. Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Monterey, California: Brooked/Cole Publishing Company.
Buku Anjuran
1. American Psychological Association, American Educational Research Association & National Council on Measurement in Education. (1999). Standards for educational and psychological testing. Washington: American Educational Research Association
2. Gronlund, N. E., & Linn, R. L. (1990). Measurement and evaluation in teaching 6th edition. New York: Collier Macmillan Publishers.
3. Linn, R. L. (Eds.), (1989). Educational measurement third edition. (pp. 13-103). New York: McMillan
4. Saifuddin Azwar. (2003). Tes prestasi : fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
5. Cangelosi, J. A. (1990). Merancang tes untuk menilai prestasi siswa. Bandung: Penerbit ITB.