SELAMAT DATANG SOBAT...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Setelah melewati jalan yang panjang akhirnya sampailah saya pada satu kesimpulan untuk membuat web blog sendiri yang khusus berkenaan dengan keilmuan. blog ini bukanlah pertama yang pernah ada.Ada banyak blog yang telah saya buat sebelumnya. apakah berkenaan dengan pengalaman waktu di jogja semasa kuliah, ataupun renungan-renungan lepas yang ditulis untuk melepaskan rindu akan kampung halaman.

Masih tidak sempurna memang. akan tetapi, tidak ada yang sempurna di dunia ini. termasuk blog ini juga. karena itu jika ada diantara pembaca yang menemukan ada yang masih kurang dari keberadaan blog ini, sumbang sarannya sangat saya harapkan untuk perbaikan kualitas ke depan.

Jika ada yang ingin untuk urung rembug mendiskusikan hal-hal yang berkenaan dengan evaluasi pendidikan, saya terbuka untuk hal tersebut. silahkan anda kirimkan hasil karya anda berupa tulisan yang berhubungan dengan evaluasi pendidikan ke alamat email: evaluasipendidikan@yahoo.co.id. Hasil tersebut akan diposting pada blog ini. bagi anda yang ingin berdiskusi atau bertanya, hasilnya selain diposting pada blog ini juga diposting di blog saya yang dikhususkan untuk berdialog tentang evaluasi pendidikan. Klik untuk menuju ke Blog itu disini mari kita sama-sama belajar!!!

Senin, 31 Maret 2008

Abstrak Tesis: Karakteristi Butir Soal UN Bahasa Indonesia SMA Prodi IPA TP 2005/2006 di Prop SULUT

DJUNAIDI LABABA: Karakteristik Butir Soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA Program Studi IPA Tahun Pelajaran 2005/2006 di Propinsi Sulawesi Utara. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2007.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan karakteristik butir soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA Program Studi IPA tahun pelajaran 2005/2006 serta untuk membuat pemetaan berkaitan dengan kualitas pendidikan antara kabupaten/kota di Propinsi Sulawesi Utara.

Objek penelitian ini adalah Paket Tes 01 dan 03 Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA program studi IPA tahun pelajaran 2005/2006. Sumber data utama adalah 1.234 lembar jawaban siswa pada Paket 01 dan 2.842 lembar jawaban Paket 03. Data dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan menganalisis aspek materi, konstruksi dan bahasa. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan Teori Tes Klasik dan Teori Respon Butir 1 parameter (Rasch Model).

Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa setiap butir yang terdapat pada Paket Tes 01 dan 03 berkualitas baik. Pada Paket 01 lima butir soal dan pada Paket 03 satu butir soal tidak memenuhi kriteria pada aspek konstruksi. Hasil analisis dengan Teori Tes Klasik menunjukkan bahwa kedua Paket Tes terkategori tidak baik. Sebanyak 20 butir (40%) pada Paket 01 dan 17 butir (34%) pada Paket 03 masuk kategori baik dari sisi tingkat kesukaran. Jumlah butir dengan daya beda yang baik untuk Paket 01 dan 03 berturut-turut sebanyak 16 dan 17 butir (32% dan 34%). Keefektifan distraktor untuk Paket 01 dan 03 berfungsi pada sebanyak 28 dan 35 butir (56% dan 70%). Hasil analisis berdasarkan teori respon butir menunjukkan sebanyak 40 butir (80%) Paket 01 dan 37 butir (74%) Paket Tes03 cocok dengan model. Sebanyak 30 butir (60%) Paket 01 dan 35 butir (70%) pada Paket 03 memiliki tingkat kesukaran sedang. Dengan demikian, berdasarkan teori respon butir 1 parameter Paket 01 masuk kategori cukup baik dan Paket 03 masuk kategori baik. Hasil pemetaan pendidikan berdasarkan Paket 01 menunjukkan bahwa daerah dengan kualitas pendidikan tertinggi adalah Kabupaten Minahasa Utara, diikuti Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Talaud, dan Kota Tomohon. Untuk Paket 03, daerah dengan kualitas pendidikan tertinggi adalah kota Manado. Selanjutnya diikuti oleh Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaangmongondow, Kabupaten Sangihe dan Kota Bitung.


ABSTRACT

DJUNAIDI LABABA
: The Characteristics of National Assessment Test Items of Bahasa Indonesia for Senior High School Science Program 2005/2006 in North Sulawesi Province. Thesis. Yogyakarta: Graduate School, State University of Yogyakarta, 2007.


This research was aimed to reveal the characteristics of National Examination test items of Bahasa Indonesia for Senior High School in 2005/2006 and to map the educational quality among the regencies/cities in North Sulawesi Province.

The subject of this research was Test Packages 01 and 03 of National Examination of Bahasa Indonesia for Senior High School in 2005/2006. The data source was 1,234 answer sheets of Package 01 and 2,842 answer sheets of Package 03. The data were analyzed using the qualitative and quantitative approaches. The qualitative approach was used for analyzing the material, construction, and language aspects. The quantitative approach was used applying the Classical Test Theory and one parameter Item Response Theory (Rasch Model).

The result of the analysis shows that all of the items in Packages 01 and 03 are good. Five items in Package 01 and one item in Package 03 do not fulfill the criteria of the construction aspects. The result using the Classical Test Theory shows that both of the packages are not good. There are 20 items (40%) in Package 01 and 17 items (34%) in Package 03 categorized good viewed from the indices of item difficulty. The number of items with good discrimination power for Packages 01 and 03 is 16 and 17 items (32% and 34%). The distractor effectiveness of Packages 01 and 03 functions at 28 and 35 items (56% and 70%). The result of the analysis using the Item Response Theory shows that 40 items (80%) in Package 01 and 37 items (74%) in Package 03 fit with the model. There are 30 items (60%) in Package 01 and 35 items (70%) in Package 03 having a medium difficulty level. Thereby, according to one parameter Item Response Theory, Package 01 is categorized quite good and Package 03 is categorized good. The result of the mapping out of the educational quality according to Package 01 shows that the region with the highest quality of education is North Minahasa Regency followed by South Minahasa Regency, Talaud Regency and Tomohon City. For Package 03, the highest educational quality region is Manado City, followed by Minahasa Regency, Bolaangmongondow Regency, Sangihe Regency, and Bitung City.
Untuk mendapatkan Naskah Thesis ini secara utuh silahkan hubungi saya di : evaluasipendidikan@yahoo.co.id dengan memberikan alasan akan digunakan untuk keperluan apa. Insya Allah kala digunakan untuk kebaikan, naskah tersebut akan dikirimkan lewat e-mail saudara.