SELAMAT DATANG SOBAT...

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Setelah melewati jalan yang panjang akhirnya sampailah saya pada satu kesimpulan untuk membuat web blog sendiri yang khusus berkenaan dengan keilmuan. blog ini bukanlah pertama yang pernah ada.Ada banyak blog yang telah saya buat sebelumnya. apakah berkenaan dengan pengalaman waktu di jogja semasa kuliah, ataupun renungan-renungan lepas yang ditulis untuk melepaskan rindu akan kampung halaman.

Masih tidak sempurna memang. akan tetapi, tidak ada yang sempurna di dunia ini. termasuk blog ini juga. karena itu jika ada diantara pembaca yang menemukan ada yang masih kurang dari keberadaan blog ini, sumbang sarannya sangat saya harapkan untuk perbaikan kualitas ke depan.

Jika ada yang ingin untuk urung rembug mendiskusikan hal-hal yang berkenaan dengan evaluasi pendidikan, saya terbuka untuk hal tersebut. silahkan anda kirimkan hasil karya anda berupa tulisan yang berhubungan dengan evaluasi pendidikan ke alamat email: evaluasipendidikan@yahoo.co.id. Hasil tersebut akan diposting pada blog ini. bagi anda yang ingin berdiskusi atau bertanya, hasilnya selain diposting pada blog ini juga diposting di blog saya yang dikhususkan untuk berdialog tentang evaluasi pendidikan. Klik untuk menuju ke Blog itu disini mari kita sama-sama belajar!!!

Selasa, 03 Juni 2008

Analisis Butir Soal

untuk melakukan analisis terhadap sebuah butir soal ada dua pendekatan yang bisa digunakan yaitu dengan teori tes klasik dan teori respon butir. selain itu, soal juga dapat di analisis dengan menggunakan analisis kualitatif (teoritis) dan kuantitatif (empiris). Insya Allah penulis akan sedikit membahas keempat hal tersebut. akan tetapi untuk saat ini, penulis akan membahas analisis soal dengan cara kualitatif atau teoritis.

Analisis secara kualitatif dilakukan dengan melakukan penelaahan terhadap setiap butir soal dari aspek materi, konstruksi dan bahasa. Aspek materi yang ditelaah berkaitan dengan substansi keilmuan yang ditanyakan dalam butir tes serta tingkat kemampuan yang sesuai dengan tes. Analisis konstruksi dimaksudkan untuk melihat hal-hal yang berkaitan dengan kaidah penulisan tes. Analisis bahasa dimaksudkan untuk menelaah tes berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar menurut Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Telaah secara kualitatif dilakukan oleh tiga orang yang memiliki kompetensi sesuai dengan aspek materi konstruksi dan bahasa. Setiap penelaah melakukan analisis terhadap setiap butir soal berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya dengan menuliskan huruf “Y” jika butir sesuai dengan kriteria dan huruf “T” jika butir tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.


Hasil telaah kemudian dirangkum untuk selanjutnya ditentukan kualitas butir secara teoretis dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:

a. Butir tes yang baik yaitu butir yang memenuhi semua kriteria yang telah ditentukan.

b. Butir tes yang kurang baik yaitu butir yang hanya memenuhi sebanyak-banyaknya 3 kriteria aspek konstruksi serta 1 kriteria aspek materi dan bahasa.

c. Butir tes yang tidak baik yaitu butir yang tidak memenuhi semua kriteria yang telah ditetapkan pada aspek materi 1 dan 3, atau lebih dari 3 untuk aspek konstruksi serta lebih dari 1 kriteria pada aspek bahasa.

Dari rangkuman hasil telaah kualitatif selanjutnya dapat ditentukan butir mana yang sudah atau belum memenuhi kriteria pada aspek materi, konstruksi dan bahasa. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan tentang butir yang baik dan tidak baik.
Berikut contoh check list analisis kualitatif:

a. Materi
1. Tes sesuai indikator
2. Pilihan jawab homogen dan logis
3. Hanya ada satu kunci jawaban yang tepat
b. Konstruksi
4. Pokok tes dirumuskun secara singkat dan jelas
5. Rumusan pokok tes dan pilihan jawaban
7. Pokok tes tidak memberi petunjuk ke kunci jawaban
8. Pokok tes bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda
9. Gambar/grafik/table diagram dan sejenisnya jelas berfungsi
10.Panjang rumusan jawaban relatif
11.Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan "semua jawaban di atas salah" atau "semua jawaban di atas benar".
12.Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologis
13.Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya
c. Bahasa
14.tes menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia
15.tes menggunakan bahasa yang komunikatif
16.tes tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat
17.pilihan jawaban tidak mengulang kata/kelompok kata yang sama yang bukan merupakan satu kesatuan

untuk analisis kuantitaf, akan saya posting Insya Allah di postingan berikutnya


naruto onepiece mengatakan...

Kapan Indonesia mau maju anggaran pendidikan aja sedikit. Sebaiknya pemerintah itu lebih perhatian kepada pendidikan. Karena pendidikan adalah modal kebangkitan bangsa.
oiya pasang widget infogue.com. Bisa nambah pengunjung lho.
kayak diblog gue
http://pendidikan.infogue.com/analisis_butir_soal

SMP NEGERI 5 MARTAPURA mengatakan...

Yah ... kalau guru seperti saya, analisis butir soal-nya lebih ke analisis expert saja. Sebagian ambil soal yang dah jadi 9buku yang bagus, soal ujian, UN) dll, terus di ganti/perbaiki sana-sini. Masalahnya kalau analisis butir trus nyobanya kapan?? Langsung saat ulangan? kalau butir soal tertentu di tolak? apa mesti dibuang, nilainya jadi kacau dong. Jadi saya lebih suka/(he..he) analisis hasil belajar saja. coba cek di blog saya.

DimazRS mengatakan...

Bagi anda yang tidak ingin repot dalam melakukan analisa butir soal anda dapat menggunakan Aplikasi Classical Item and Test Analysis yang dibuat menggunakan program excel sehingga sangat mudah digunakan. Anda tinggal mengisi identitas, kunci jawaban dan rincian jawaban siswa, hasil analisa dan nilainya akan tercipta secara otomatis, dan anda tinggal mencetaknya. Cara mengisikan kunci jawaban dan jawaban siswa sebaiknya menggunakan huruf kapital, seperti: ABCDABCDABDACDABDBABDBABA dst. Bila ada jawaban siswa yang kosong atau dobel anda tinggal tekan spasi pada keyboard. Aplikasi ini sangat cocok untuk tingkat SD/MI karena hanya ada 4 pilihan jawaban, dan maksimal soal 50 butir, sedangkan peserta maksimal 250 butir, sehingga aplikasi ini bisa juga digunakan untuk menganalisa soal ujian sekolah skala menengah. Anda dapat mendownload aplikasi tersebut di link berikut:
http://www.ziddu.com/download/5268713/ClassicalItemnTestAnalysisCINTAXL.xls.html
http://www.ziddu.com/download/5268714/ClassicalItemnTestAnalysisCINTA.exe.html

thaha_cool mengatakan...

Anda bisa melakukan analisis butir soal secara online di http://fisika.unnes.ac.id/evaluasi
dapat mengukur validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, reliabilitas, daftar nilai siswa, distribusi frekuensi, uji normalitas

Pa Heri Reksa guru kimia SMAN 1 Bogor mengatakan...

mohon referensinya dong

HARIANTO mengatakan...

Bagi Bapak/Ibu Guru yg ingin master aplikasi analisis butir soal lengkao dengan nilai, analisis dan remedial silah kan kunjungi http://wwwharianto-harianto.blogspot.com/2010/09/menurut-survey-penulis-dari-beberapa.html

HARIANTO mengatakan...

Bagi Bapak dan Ibu guru yg ingin master analisis soal Lengkap dengan Remedialnya,... silahkan kunjungi :
Pilihan Ganda : http://wwwharianto-harianto.blogspot.com/2010/09/analisis-butir-soal-pilihan-ganda-versi.html
Uraian : http://wwwharianto-harianto.blogspot.com/2010/09/menurut-survey-penulis-dari-beberapa.html